Always 3 Actions

Always 3 Actions

Jumat, 28 Oktober 2016

Apa Itu Cosplay




Hasil gambar untuk apa itu cosplay
Hasil gambar untuk apa itu cosplay

   Cosplay adalah istilah bagi orang yang hobi berkostum ala karakter dalam film anime, komik (manga), kartun maupun video games.
Kata ini merupakan istilah dari bahasa Inggris buatan Jepang, yaitu Costume (Kostum) and Play (Bermain). Orang yang memakainya ataupun menggunakannya biasa disebut dengan Cosplayer.

   Di Jepang, peragaan "cosplay" pertama kali dilangsungkan tahun 1978 di Ashinoko, Prefektur Kanagawa dalam bentuk pesta topeng konvensi fiksi ilmiah Nihon SF Taikai ke-17.
Sebelum istilah cosplay digunakan oleh media massa elektronik, asisten penyiar Minky Yasu sudah sering melakukan cosplay. Kostum tokoh Minky Momo sering dikenakan Minky Yasu dalam acara temu darat mami no RADI-karu communication yang disiarkan antara lain oleh Radio Tōkai sejak tahun 1984. Selanjutnya, acara radio yang sama mulai mengadakan kontes cosplay. Dari tahun 1989 hingga 1995, di tv asahi ditayangkan ranking kostum cosplay yang sedang populer dalam acara Hanakin Data Land.
Sekitar tahun 1985, hobi cosplay semakin meluas di Jepang karena cosplay telah menjadi sesuatu hal yang mudah dilakukan. Pada waktu itu kebetulan tokoh Kapten Tsubasa sedang populer, dan hanya dengan kaus T-shirt pemain bola Kapten Tsubasa, orang sudah bisa "ber-cosplay". Kegiatan cosplay dikabarkan mulai menjadi kegiatan berkelompok sejak tahun 1986. Sejak itu pula mulai bermunculan fotografer amatir (disebut kamera-kozō) yang senang memotret kegiatan cosplay.

   Pada awalnya cosplay tidak begitu banyak di kenal di Indonesia. Pada awal 2000-an, beberapa event seperti Gelar Jepang UI mengadakan Event Cosplay. Tetapi saat itu belum ada yang berminat, cosplay pertama saat itu hanyalah EO dari acara Gelar Jepang tersebut.
Sebagai penulis, terus terang saya juga sangat suka dengan namanya Cosplay. Apalagi jika para Cosplayernya menggunakan armor seperti Kamen Rider.

   Di tempat saya tinggal, yaitu kota Palangkaraya, terdapat suatu perkumpulan yang bernama ''Copa'' atau yang lebih dikenal dengan Cosplayer Palangkaraya. Dan kebetulan, kakak saya bergabung dengan organisasi itu sebagai make uper.
Sebenarnya saya juga berencana untuk bergabung disana saat SMA. Dan ternyata saat SMA, banyak kegiatan dan karena akan hal tersebut makanya saya mengambil keputusan untuk tak bergabung disana.
Rencananya sih, saya pengen jadi desain baju armornya.
Biasanya di kota Palangkaraya, ada acara Asian Matsuri dimana ajang cosplay juga di adakan.
Hasil gambar untuk cosplayer palangkaraya


Hasil gambar untuk jungle salvator gaiar
 Gambar diatas adalah salah satu karya Copa yaitu ''Jungle Salvator Gaiar'' yaitu kesatria Dayak pelindung Kalimantan.



(sumber : http://kidnesia.com/Boleh-Tahu/Ilmu-Pengetahuan-Umum/Apa-Itu-Cosplay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar