Always 3 Actions

Always 3 Actions

Sabtu, 26 November 2016

Inilah alasan untungnya jadi anak Pramuka

Hasil gambar untuk untungnya jadi anak pramuka
1. Menjadi pribadi yang mandiri
Kegiatan Pramuka kerap kali dilaksanakan jauh dari rumah dan tidak melibatkan orang tua, seperti berkemah. Saat berkemah kita diharuskan tinggal bersama anggota Pramuka yang lain, jauh dari orang tua, dan mengurus semua kebutuhan sendiri. Seperti memasak, mencuci perabot dan baju, serta membersihkan tempat yang kita tinggali. Hal-hal yang kerap kali dilakukan oleh Ibu kita di rumah.

2. Menjadi pribadi disiplin
Saat kegiatan Pramuka semua diatur dengan jadwal yang telah disusun oleh panitia. Kita harus melakukan semua tepat waktu seperti datang upacara apel tepat waktu, mengumpulkan tugas tepat waktu, bahkan waktu istirahat pun harus saat waktu yang ditentukan.

3. Belajar untuk dekat dan lebih mencintai alam
Kegiatan Pramuka juga kerap dilakukan di alam bebas. Kita diajak untuk melihat dan merasakan alam secara nyata, semakin kita dekat dengan alam maka rasa mencintai akan timbul. Dengan rasa cinta kepada alam diharapkan anggota Pramuka tidak melakukan tindakan yang merusak alam.

4. Belajar berorganisasi dan bekerjasama
Dengan aktif di Pramuka kita akan sering bertemu orang-orang baru dengan beragam karakter yang berbeda-beda. Dengan bertemu berbagai macam orang dengan karakter berbeda, kita akan belajar untuk menekan keegoisan, melakukan kegiatan bersama, dan belajar memecahkan masalah bersama.

5. Meningkatkan kepedulian
Dalam Dasa Dharma Pramuka diajarkan untuk menyayangi antar manusia, sopan, rela menolong, dan bersahaja. Di Pramuka biasanya juga melaksanakan kegiatan bakti sosial melalui penggalangan bantuan dari anggotanya. Selain itu kita juga diajarkan untuk saling membantu teman yang kesusahan.

6. Religius dan Beriman
Religius dan berimanHasil gambar untuk untungnya jadi anak pramuka
Dengan menjadi anggota Pramuka, kamu akan senantiasa didekatkan dengan keimanan. Meskipun Pramuka bukan wadah keagamaan tapi nilai-nilai Ketuhanan tertanam jelas pada Prinsip Dasar Pramuka, Pancasila, Trisatya Pramuka, dan Dasadarma Pramuka. Elemen-elemen inilah yang akan selalu mengingatkan kamu sebagai insan manusia yang tidak ada apa-apanya dibanding Sang Kuasa Alam. Maka dengan menjadi anggota Pramuka, kamu juga terlatih menjadi pribadi yang religius dan beriman. Nah seperti yang kamu ketahui bahwa orang beriman akan sangat dekat dengan kesuksesan karena rasa bersyukur dan keridhoan Illahi.

7. Disiplin Garis Keras
www.static.republika.co.id
Selalu disiplin.
Menjadi anggota Pramuka tidaklah gampang, sedari awal kamu mengikrarkan janji bergabung dalam keanggotaan Pramuka saat itulah kamu akan dididik untuk menjadi disiplin. Anggota Pramuka terbukti memiliki kedisiplinan yang tinggi. Mereka akan bersikap teratur, tertib, dan pantang ingkar janji. Tentu dengan sifat-sifat ini anggota Pramuka menjadi lebih sukses untuk bersaing di dunia kerja atau pun saat bersekolah. Keteraturan yang dimiliki oleh anggota Pramuka membuat mereka hidup lebih terorganisir dan mampu mengolah waktu yang mereka punya dengan produktif. Coba gimana ngga sukses?

8. Berjiwa Kepemimpinan
www.aceh.kemenag.go.id
Memiliki jiwa kepemimpinan.
Sudah tidak perlu diragukan kalau anggota Pramuka memiliki jiwa kepemimpinan. Selama seseorang melakukan kegiatan Pramuka, mereka akan dibiasakan untuk menjadi pemimpin dalam kelompoknya. Lalu dalam Pramuka juga diajarkan kerjasama dalam kelompok yang membangun kekompakan serta solideritas sesama anggota Pramuka. Nah jika saja ini diterapkan dalam dunia kerja, sangat jelas bahwa anggota Pramuka dapat lebih sukses karena mampu mengatur kelompoknya tanpa harus bossy dan bekerja sama dengan semua elemen yang ada di tempatnya bekerja.

9. Taat Hukum
www.dnaberita.com
Selalu taat pada hukum.
Bagaimana mau sukses kalau kamu senang ngelanggar peraturan? Bisa sih kalau pakai cara curang, tapi akan bertahan berapa lama? Paling sebentar lagi disidik Polisi atau KPK. Duh masa mau sukses caranya kotor? Eits, tapi ini ngga berlaku bagi kamu anggota Pramuka. Dalam Pramuka diajarkan bagaimana seseorang menjadi taat hukum dan takut melanggar peraturan. Karena bagi anggota Pramuka, hukum ada norma nomor wahid yang harus dipatuhi. Dengan adanya hukum maka semua bisa berjalan dengan baik, aman, dan sentosa. Para anggota Pramuka akan mampu bersaing secara sehat tanpa harus melakukan hal kotor untuk mencapai kesuksesannya.

10. Sehat Secara Jasmani
www.kemenag.go.id
Sehat jasmani.
Tidak hanya berkutat pada manajemen waktu yang begitu ketat dan disipilin, menjadi anggota Pramuka juga berarti harus siap dengan segala kondisi alam yang menerpa. Karena kegiatan ini banyak dilakukan di luar ruangan, maka ketahanan fisikmu sebagai anggota Pramuka sudah tidak perlu lagi di ragukan. Mau itu hujan badai atau pun panas terik, kamu sudah terbiasa. Apalagi upacara siang menjelang sore yang biasa dilakukan setiap Minggu. Wuihh udah ngga ada lagi deh sakit-sakit karena kena gerimis.

11. Tak hanya Hafal Pancasila
www.assets-a2.kompasiana.com
Loyalitas pada negara.
Ada yang ingat isi sila ketiga? Eits, jangan diurut dari sila pertama, kan ini pertanyaan random. Hmm ngga bisa jawab kan? Emang banyak banget nih diantara kita yang kalau dikasih pertanyaan dadakan soal Pancasila suka bingung? Padahal 12 tahun loh setiap hari Senin kita upacara dan melafalkan kelima sila dari dasar Negara Indonesia tapi tetap saja kalau diacak mah bingung. Nah satu lagi hal yang ngga berlaku bagi anak Pramuka. Jangankan diacak, diminta sebutin dari 5 ke 1 juga mereka mah hafal. Bukan karena mereka lebih sering mengucapkan Pancasila tapi karena mereka tidak hanya menghafal melainkan memahami dan menerapkan nilai-nilai dari Pancasila. Terus hubungannya dengan kesuksesan apa? Coba saja kamu telaah isi dari Pancasila, didalamnya tertanam nilai budi luhur yang akan membentuk kita menjadi pribadi yang bermartabat dan tangguh. Jelas dong ini berguna bagi kita yang sedang menapaki karir?

12. Bertahan Dibawah Tekanan
www.sekolahalamjogja.files.wordpress.com
Bertahan di alam.
Tidak hanya kuat secara fisik tapi mental juga dilatih dalam Pramuka. Beberapa kegiatan yang dilakukan Pramuka akan menempatakan para anggotanya untuk memiliki mental yang kuat dan mampu bertahan di bawah tekanan. Misalnya saja perkemahan besar Jambore. Saat kemah kamu tentu hanya membawa barang-barang yang penting dalam jumlah terbatas. Nah disaat seperti itu kamu diuji untuk ngga cengeng dan mampu bertahan ditengah segala keterbatasan. Ngga mungkin kan kamu Jambore bawa kulkas, televisi, kasur, dan mba-mba yang biasa bantu memasak atau mencuci? Jadi bisa dipastikan kamu akan menjadi orang yang mandiri dan memiliki mental sekuat baja.

13.Fokus dan Perhatian Penuh
www.siap-sekolah.s3.amazonaws.com
Fokus mencapai tujuan.
Banyak kegiatan dalam Pramuka yang akan meningkatkan tingkat fokus dan menyita perhatian kamu. Misalnya saja lomba tingkat yang akan membuat kamu berlatih untuk terus fokus mencapai tujuan. Belum lagi misi penjelajahan atau latihan bersama yang membutuhkan konsentrasi penuh. Oleh karena itu, anggota-anggota Pramuka terbiasa untuk memiliki goal dalam hidup mereka dan fokus untuk mencapai tujuan. Ini juga kan ngga kalah penting untuk menggapai kesuksesan, iya ngga?

14. Memiliki Jiwa Penolong
www.v-images2.antarafoto.com
Cepat tanggap dalam menolong.
Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di alam. Saat kamu melakukan perkemahan, apalagi ditunjuk menjadi ketua kelompok maka kamu dibebankan tugas untuk menjaga dan mengurus anggota kelompok yang lain. Dan bagaimana jika ada anggota kelompokmu yang terkena masalah seperti sakit atau tidak kuat mental dan ingin pulang? Tentu kamu harus bisa memecahkan masalah tersebut. Untuk itu kamu terlatih dengan jiwa penolong. Kamu tahu apa yang harus kamu lakukan di situasi-situasi genting, kamu juga tahu cara menolong orang lain yang sedang kesusahan dan bagaimana bentuk pertolongannya. Dengan mengikuti Pramuka, otak kamu terlatih berpikir jernih bahkan di situasi keruh sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar